Penurunan Konsentrasi COD Limbah Cair Industri Batik Jetis Pada Proses Aklimatisasi Menggunakan Mikroorganisme Bacillus Sp.

Authors

  • Nicken Elok Arohmah Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Tuhu Agung Rachmanto Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Bacillus sp, Lumpur Aktif, Batch, COD

Abstract

Proses pewarnaan kain batik menyebabkan tingginya kadar senyawa organik pada air limbah batik. Senyawa organik yang tinggi dapat ditunjukkan oleh nilai COD. Baku mutu nilai COD air limbah industri batik pada Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 72 Tahun 2013 tentang baku mutu air limbah bagi industri tekstil  sebesar 150 mg/l dan rentang pH yang diperbolehkan adalah 6-9.  Sehingga diperlukan adanya pengolahan air limbah batik sebelum dibuang ke badan air. Salah satu pengolahan biologis yang dapat digunakan adalah lumpur aktif. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penurunan konsentrasi COD pada proses aklimatisasi pengolahan air limbah industri batik Jetis. Penelitian ini dilakukan dengan sistem batch dengan variasi jenis bakteri, konsentrasi substrat dan pH yang berbeda beda. Parameter yang dianalisis adalah COD. Dari penelitian ini didapatkan hasil efisiensi penyisihan tertinggi terjadi pada konsentrasi substrat 100% pH 7. Hal itu disebabkan oleh adanya pengaruh nilai pH optimum untuk pertumbuhan bakteri dan jumlah susbtrat.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Arohmah, N. E. ., & Rachmanto, T. A. . (2023). Penurunan Konsentrasi COD Limbah Cair Industri Batik Jetis Pada Proses Aklimatisasi Menggunakan Mikroorganisme Bacillus Sp . Envirous, 3(2). Retrieved from https://envirous.upnjatim.ac.id/index.php/envirous/article/view/20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>