PEMODELAN KEBISINGAN LALU LINTAS BERDASARKAN VOLUME LALU LINTAS MENGGUNAKAN MULTIPLE LINEAR REGRESSION PADA JALAN KEDUNG COWEK SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.33005/envirous.v2i1.81Keywords:
Kebisingan lalu lintas, Volume lalu lintas, Multiple linear regressionAbstract
Jalan Kedung Cowek merupakan jalan arteri primer yang melayani skala nasional, sehingga mempunyai volume lalu lintas tinggi yang menyebabkan kebisingan lalu lintas. Maka perlu adanya model kebisingan lalu lintas yang dapat memprediksi kebisingan lalu lintas untuk memudahkan dalam upaya pengontrolan kebisingan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model kebisingan lalu lintas berdasarkan volume lalu lintas setiap jenis kendaraan. Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan survei langsung di Jalan Kedung Cowek untuk memperoleh data tingkat kebisingan dan volume lalu lintas. Analisis data untuk memperoleh pemodelan kebisingan lalu lintas menggunakan Multiple Linear Regression dengan bantuan software Minitab versi 19. Model kebisingan lalu lintas pada Jalan Kedung Cowek yang diperoleh yaitu LEQ = 71,292 + 0,001811 MC + 0,00487 LV – 0,0078 HV dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,5940. Model tersebut masih belum terlalu baik, karena banyaknya kendaraan yang memakai knalpot tidak standar yang menyebabkan tingkat kebisingan menjadi lebih tinggi.