ANALISIS KEMAMPUAN DAYA SERAP RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP EMISI KENDARAAN BERMOTOR DI KECAMATAN SIDOARJO DAN BUDURAN (STUDI KASUS MASA PANDEMI COVID – 19)

Authors

  • Nurfadilla Rizki Aprilia Progam Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Naniek Ratni JAR Progam Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Emisi Karbon dioksida (CO2), Sektor Transportasi, Ruang Terbukaka Hijau, Kecamatan Sidoarjo

Abstract

Permendagri Nomor 1 Tahun 2007 tentang penataan RTHKP yang merupakan penjabaran terperinci Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengatur bahwa luas ideal RTHKP minimal 30% dari luas kawasan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi presentase luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibutuhkan pada lingkup wilayah agar mampu menyerap emisi yang dihasilkan oleh kegiatan transportasi. Metode yang digunakan adalah penentuan estimasi emisi karbon dioksida (CO2). Berdasarkan hasil penelitian didapati kemampuan daya serap RTH terhadap Emisi Karbon dioksida (CO2) di Taman Abhirama sebesar 20.888.389,92 g/hari dan sebesar 9.118.932,24 g/hari di Alun-alun Sidoarjo.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Aprilia , N. R. ., & Ratni JAR, N. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN DAYA SERAP RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP EMISI KENDARAAN BERMOTOR DI KECAMATAN SIDOARJO DAN BUDURAN (STUDI KASUS MASA PANDEMI COVID – 19). Envirous, 3(1), 89–94. Retrieved from https://envirous.upnjatim.ac.id/index.php/envirous/article/view/71