KAJIAN KUALITAS GAS CO DAN NO2 DI TEMPAT PARKIR LOWER GROUND DAN BASEMENT MARVELL CITY MALL SURABAYA (STUDI KASUS TAHUN 2019)

Authors

  • Retno Patmasari Progam Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Naniek Ratni JAR Progam Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Ruang bawah tanah, Electrochemical Sensor, Gas Analyzer, CO, NO2

Abstract

Semakin banyak pembangunan gedung mall, lahan yang diperlukan untuk kebutuhan seperti parkir juga diperhatikan dalam pembangunannya. Metode analisis yang digunakan untuk gas CO dan NO2 yaitu Electrochemical Sensor dengan alat Gas Analyzer. Hasil pengukuran kedua gas pencemar yaitu CO dan NO2 dibandingkan dengan Standar Baku Mutu yaitu PER.13/MEN/X/2011 untuk standar gas CO sebesar 25 ppm, sedangkan untuk standar gas NO2 yaitu 3 ppm. Sehingga masih aman berada dalam ruang tersebut berarti masih aman. Terdapat perbedaan rata-rata bermakna dan signifikan kadar CO maupun NO2 di lantai Lower Ground dibandingkan Basement dengan p-value 0,000. Hasil uji statistika metode Pearson-correlation menunjukkan adanya korelasi positif suhu dengan CO dan NO2, korelasi negatif antara kelembaban dengan CO dan NO2.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Patmasari, R. ., & Ratni JAR, N. . (2022). KAJIAN KUALITAS GAS CO DAN NO2 DI TEMPAT PARKIR LOWER GROUND DAN BASEMENT MARVELL CITY MALL SURABAYA (STUDI KASUS TAHUN 2019). Envirous, 3(1), 110–114. Retrieved from https://envirous.upnjatim.ac.id/index.php/envirous/article/view/74

Most read articles by the same author(s)